HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Eks Penyidik dari Polri Protes Pengangkatan Penyidik Internal, Ini Kata KPK

Sorot bola mata-Beredar surat dari sejumlah mantan penyidik KPK dari Polri yang ditujukan untuk pimpinan KPK saat ini berkaitan dengan gejolak internal yang terjadi di tubuh lembaga antirasuah itu. Pimpinan KPK pun memberikan tanggapan.

Dari lembaran surat yang didapat, tampak ditujukan bagi Ketua KPK Agus Rahardjo dan pimpinan KPK lainnya. 

Salah satu poin yang menonjol dari surat itu mengenai tudingan pimpinan KPK saat ini menggeser semua penyidik dari Polri yang saat ini bertugas di KPK dengan mengangkat dan melantik penyidik secara independen.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengaku sebenarnya belum membaca utuh surat itu. Namun dia menepis anggapan pimpinan KPK saat ini ingin mengganti semua penyidik KPK yang berasal dari Polri.

"Saya belum baca suratnya tetapi tidak ada niatan dari KPK untuk menghilangkan semua penyidik Polri di KPK. Tidak ada," kata Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

Syarif mengungkit sejarah KPK yang memiliki sumber daya manusia dari Polri dan Kejaksaan. Bagi Syarif, yang terpenting KPK memiliki penyidik yang berintegritas, bukan soal dari mana asalnya.


"Yang paling penting itu adalah kita memiliki penyidik-penyidik yang mumpuni, yang terjaga integritasnya, dan pengetahuan dan keterampilannya juga mumpuni," ujar Syarif.

"Bahwa tidak bisa juga kita melupakan sejarah dulu awal-awal berdirinya KPK itu sebelum ada penyidik yang dari, direkrut sendiri oleh KPK, semuanya adalah penyidik-penyidik dari Polri dan bekerja sama dengan teman-teman dari kejaksaan, jadi yang dilanjutkan sekarang adalah sebagian dari legacy yang ditanamkan oleh penyidik-penyidik terdahulu yang di KPK," imbuhnya.(dnc/sbm)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *