HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Warga Tangerang diminta perhatikan sertifikat kesehatan, jika beli hewan kurban

Tangerang,Sorot Bola Mata-Masyarakat Kota Tangerang, Provinsi Banten, yang akan membeli hewan kurban untuk Idul Adha diminta memperhatikan sertifikat kesehatan yang dikeluarkan daerah asal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman di Tangerang Selasa menjelaskan, pastikan membeli hewan yang telah diperiksa oleh dokter hewan/veteriner yang dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal.

"Khusus untuk di Kota Tangerang akan ditempelkan stiker khusus, sehingga memudahkan masyarakat sebelum membeli," katanya.

Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan juga mengeluarkan rekomendasi sebelum membeli hewan kurban yang sehat.

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan seperti hewan memiliki mata yang bening, hidung basah serta air liur tidak berlebihan.

Lalu mukosa atau gusi pada sapi berwarna merah muda, tidak pincang, tidak kejang-kejang atau melengkungkan punggung.

Tidak pula ada tanda-tanda kesakitan, bengkak abnorman, bisul, luka memar dan patah. Selanjutnya, hewan yang sehat juga terdapat ciri-ciri bernafas normal dan tidak bersuara batuk atau ngorok.

Kotoran konsisten normal dan tidak bernanah, warna kencing kuning-jerami serta berinteraksi dan beraktifitas dengan lingkungannya.

"Rekomendasi ini kami sosialisasikan kepada masyarakat agar bisa teliti sebelum membeli sehingga mendapatkan hewan yang sehat dan sesuai ketentuan,".(ant/sbm)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *