HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Penantian 32 Tahun Irjen Pol Martuani Sormin Agar Bisa Jadi Kapolda Sumut

MEDAN, Sorot Bola Mata-Irjen Pol Martuani Sormin butuh 32 tahun untuk menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) sumatera Utara. Ya, tepat hari ini, Selasa (17/12/2019), Martuani resmi menjabat kapolda sumut menggantikan pendahulunya, Komjen Pol Agus Andrianto.
Martuani merupakan perwira polisi kelahiran Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Sejak lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) 1987, Martuani tak pernah bertugas di Polda Sumatera Utara. Saat itu, Martuani langsung ditugaskan ke Aceh hingga 1992.
Kemudian di 1996, Martuani digeser ke wilayah hukum Polda Metro Jaya. Hanya bertahan dua tahun, Martuani kemudian melalang buana di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Maluku, Jawa Barat hingga akhirnya kembali lagi di Polda Metro Jaya pada tahun 2015 dengan jabatan Kepala Biro Operasi Kepolisian.
Kemudian pada 2016, Martuani menjabat sebagai Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi & Pengamanan polri. 
Di tahun ini, Martuani pernah terlibat baku tembak dengan teroris bom Thamrin di bulan Januari 2016.
Kemudian, dia dingkat menjadi Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat. Di tahun 2017, dia diangkat sebagai Kepala Divisi Profesi & Pengamanan Polri. 
Selang satu tahun, Martuani dipercaya sebagai Kapolda Papua. Hingga 2019, dia akhirnya menduduki kursi Kapolda Sumut.
Pria kelahiran Mei 1963 ini mengaku bersyukur. Dia juga mengucapkan terima kasih ke Kapolri Jenderal Idham Aziz yang telah mempercayakan amanat ini kepadanya.
"Ini luar biasa, karena saya butuh 32 tahun sejak lulus dari Akademi Kepolisian. Saya perlu 32 tahun untuk bertugas di kampung saya. Terimakasih kepada pemerintah yang telah mempercayakan saya bertugas di sini," ujar Sormin.
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, alim ulama dan pemuka agama yang telah mendukungnya dalam mengemban tugas barunya. Sormin mengaku akan berusaha menjawab ekspektasi dalam mewujudkan penegakan hukum yang profesional objektif dan berkeadilan.
"Sebagaimana visi bapak Kapolri, harapan itu harus bisa kami jawab, khususnya saya sebagai penanggungjawab untuk kegiatan Kepolisian di Sumut," kata dia.(sbm/inw-red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *