HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Ma'ruf: Secara Hukum Natuna Wilayah RI, Kita Harap China Keluar dari ZEE

Jakarta, Sorot Bola Mata-Kapal nelayan dan kapal coast guard China hingga saat ini masih berada di perairan natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, pihak Indonesia akan terus terus memantau hal tersebut dan melakukan upaya diplomasi.

"Ya kita kan terus mengawal di wilayah itu, kemudian melakukan diplomasi, dan membuat kesepakatan-kesepakatan untuk mengawal wilayah ZEE supaya tidak dimasuki secara tidak sah oleh pihak-pihak lain," kata Mar'ruf amin di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

"Mungkin digunakan forum-forum seperti Asean atau forum lain untuk memastikan bahwa ketentuan itu harus dipatuhi oleh siapa pun," sambungnya.
Dia mengatakan akan mencoba membangun diplomasi melalui forum-forum yang ada. Forum dengan sesama negara ASEAN juga menurutnya dapat digunakan untuk melakukan diplomasi ini.

Ma'ruf mengatakan sikap presiden joko widodo (Jokowi) terhadap polemik di Natuna merupakan sikap negara. Dia menegaskan Natuna adalah milik Indonesia.

"Menurut saya yang harus dipegang itu adalah apa yang dikemukakan oleh presiden, bahwa Natuna itu adalah bagian dari Indonesia secara hukum maupun secara de facto, secara yuridis, itu adalah bagian Indonesia. Karena itu pernyataan yang mengatakan kita akan bela kedaulatan republik itu saya kira menjadi pegangan," ucap Ma'ruf.(sbm/dn)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *