HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mars Dekati Bumi 6 Oktober, Apa yang Bakal Terjadi?


 Mars dekati Bumi 6 Oktober 2020. Apakah yang bakal terjadi dengan Bumi? Berbahaya atau tidak?

Laman Ekspress melaporkan, Selasa, 6 Oktober 2020 merupakan titik terdekat antara planet Mars dan Bumi. Para ahli astronomi bahkan menyebut pada tanggal 6 Oktober, jarak Mars dan Bumi hanya sekitar 38,57 mil. Apabila dihitung dengan satuan kilometer, Mars dan Bumi hanya berjarak 62,07 juta Km.

Sesuai catatan para astronom, hal ini merupakan jarak terdekat Mars dengan Bumi sejak tahun 2018. Prediksi para astronom, Mars akan semakin mendekati Bumi pada tahun 2035 mendatang.

Ini yang Bakal Terjadi Saat Mars Dekati Bumi 6 Oktober

Laman Space menyebut, jarak Mars dan Bumi pada 6 Oktober akan sangat dekat. Akibatnya pada saat malam hari, langit di Bumi akan terlihat lebih cerah.

Dari penelitian para astronom, pengukuran kecerahan objek astronomi dengan skala magnitudo, hasilnya Mars memiliki magnitudo 2,6.

Inilah yang membuat Mars lebih terang daripada bintang yang juga dikenal paling terang. Bintang paling terang di langit saat ini adalah Sirius dengan magnitudo hanya 1,4.

Jadi bisa terbayangkan, Mars dengan magnitudo 2,6 lebih terang daripada bintang Sirius. Dengan Mars dekati Bumi 6 Oktober nanti, langit Bumi pada malam itu akan terlihat lebih terang.

Apabila dibandingkan dengan Matahari dan Bulan, Matahari bersinar pada magnitudo 26,7. Sementara Bulan bersinar pada magnitudo 26,7.

Penjelasan Jarak Terdekat Mars dan Bumi

Mars merupakan salah satu planet dalam Tata Surya. Sebagaimana planet-planet lainnya, Mars maupun Bumi memiliki orbit berbentuk elips atau oval. Orbit merupakan garis lintasan planet saat mengelilingi matahari.

Orbit Mars untuk mengelilingi Matahari butuh waktu 687 hari. Sementara Bumi membutuhkan waktu 365 hari yang menjadi patokan hari dalam satu tahun menurut Kalender.

Karena orbitnya itu, ada titik terdekat atau perihelion, dan titik terjauh atau aphelion. Dari titik ini, Mars dan Bumi akan berada pada titik terdekatnya pada 6 Oktober. Sehingga Mars dekati Bumi 6 Oktober besok.

Selanjutnya pada 13 Oktober, kedudukan Matahari, Bumi dan Mars akan berbentuk garis lurus sempurna. Ilmuwan mencatat, sejak 4 Juli 2020, Bumi semakin mendekati Matahari. Sementara sejak 3 Maret 2020, sebaliknya Mars semakin menjauh dari Matahari.

Planet Mars Bisa Terlihat Jelas Pada 6 Oktober

Bagi Anda yang menyenangi dunia astronomi, 6 Oktober bisa jadi hari bersejarah. Pasalnya Anda bisa melihat lebih jelas Planet Mars. Anda bisa menikmatinya dengan menggunakan Teleskop.

Space Alert mencatat, langit malam akan lebih terang saat Mars dekati Bumi 6 Oktober tersebut. Bahkan planet lainnya seperti Jupiter dan Saturnus juga akan terlihat lebih jelas.

Fenomena ini ternyata tidak berbahaya untuk Bumi. Orbit Bumi dan Mars yang berbentuk elips membuat kedua planet ini bisa memiliki jarak terdekat, namun tidak sampai tabrakan.

Selain itu, negara-negara seperti Amerika Serikat, China sampai UEA (Uni Emirat Arab) memanfaatkan fenomena ini untuk meluncurkan misi ke planet Mars.

Saat Mars dekati Bumi 6 Oktober, waktu tempuh untuk mencapai Mars dari Bumi akan lebih singkat. Hal ini yang membuat negara-negara tersebut memanfaatkannya.

Selanjutnya, para astronom juga memprediksi jarak antara Mars dan Bumi akan memiliki jarak terdekat pada 2029. Puncaknya pada 2035 Mars akan lebih dekat dengan Bumi, yaitu sekitar 56,9 juta kilometer.(sbm/ndu/hr)






Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *