HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Kapolda Sumut Laksanakan Rapat Kegiatan Kunker Komisi II DPR RI di Sumur Dalam Rangka Kesiapan Pilkada Serentak 2020


Sorot Bolamata, D/S-Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi, melaksanakan rapat kegiatan kunjungan kerja Komisi II DPR RI ke Pemprov Sumatera Utara dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak 9/12/2020 yang akan datang. Selain sudah dipersiapan dengan protokol kesehatan Covid 19, di Pendopo KDH Gubernur Sumut. 

Pelaksanaan itu dihadiri Ketua Tim Komisi II DPR RI, Dr.H Ahmad Doli Kurnia Tanjung, SSi.MT, Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Martuani Sormin,MSi, Pangdam I/BB, diwakili Asren Kodam I/BB, Ketua Bawaslu Prov, Sumut, Syafrida R.Rasada, Ketua KPU Prov Sumut,  Herdensi Andin, dan seluruh peserta rapat kesiapan Pilkada 2020.

Ketua Tim Komisi II DPR menuturkan tujuan kunjungan kerja tim di Provinsi Sumut, untuk melihat sejauhmana kesiapan pelaksanaan agenda dari rencana kita hari-hari sebelumnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020.


"Ada perbedaan Pilkada serentak tahun ini, dengan Pilkada sebelumnya, dikarenakan Covid 19, dan banyak sekali aturan-aturan KPU dan Bawaslu yang telah diubah sesuai situasi saat ini. Pemprov Sumut merupakan wilayah yang memiliki jumlah terbesar di Indonesia, kata pembawa acara rapat Ketua Tim Komisi II DPR RI, itu soal dilaksanakannya  Pilkada serentak 2020  mendatang. Untuk itu, kita ingin dengarkan dan memastikan sejauh mana perkembangan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 pada situasi pandemi Covid 19 di Sumatera Utara," sebutnya. 

Pada kesempatan ini, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin angkat bicara bahwa Kepolisian Sum.

Utara sudah melaporkan secara struktural dan fungsional serta kita telah melaksanakan rapat dengan Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyikapi pelaksansan Pilkada serentak 2020, di Prov Sumut. 

"Polda Sumut juga sudah meminta perlibatan kekuatan personel Polri yang di back up penuh dari Kodam I/BB, dalam  pengamanan jalannya Pilkada serentak 2020 di Kabupaten/Kota di Wilayah Sum. Utara. Adapun kekuatan yang dilibatkan dalam setiap tahapan sesuai tingkat kerawanan dan tahapan Pilkada agar berjalan lancar dengan protokol kesehatan," Irjen Martuani. 

Sistem pengamanan Pilkada 23 Kab/Kota, Sambung Kapolda,  akan melaksanakan  BKO di Wilayah yang berlangsung Pilkada serentak yang mana pelaksanaan Sarpas dilakukan tanggal 6 - 23 Desember.

Kapolda Sumut juga menyampaikan data Paslon Wilayah Sumut ada 17 pemilihan Bupati dan 6 pemilihan Walikota, dan ada 3 daerah calon tunggal.

Sementara daerah yang paling rawan, terdata daerah Humbahas. Dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020, Polri khususnya Polda Sumut bersifat Netral.

"Tahapan Pilkada di Sumut, tambah Kapolda dengan tegas, harus mengikuti aturan protokol kesehatan dengan dilengkapi handsanitizer, tempat mencuci tangan dengan air mengalir dan menyediakan masker guna pencegahan penyebaran pandemi Covid 19, atau wabah Corona virus. Saat pelaksanaan Pilkada serentak dilakukan kegiatan imbauan agar ada jaminan keamanan pada masyarakat untuk datang ke TPS dan terhindar dari Covid 19,"papar Kapolda.(shaf/zie)


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *