HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Oknum Polwan Diduga Percaloan Casis Bintara Polri TA 2021, Diperiksa Propam Polda Sumut


Sumut, Sorot Bolamata- Kasus dugaan percaloan penerimaan Calon Siswa (Casis) Bintara Polri, Polda Sumut TA 2021,masih didalami Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sumut. 

Oknum Polisi Wanita (Polwan) dari Satuan Polrestabes Medan, masih diamankan untuk menjalani proses pemeriksaan di propam Polda Sumut. 

Dalam percakapan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi bersama wartawan, Kamis, 17 Juni 2021, mengatakan, saat ini propam masih melakukan pendalaman.


Masalah itu belum tahu bagaimana modusnya, makanya propam masih mendalami kasus "Joki" Casis Bintara Polri, Kamis, 17 Juni 2021.

Hadi bilang.dengan terungkapnya kasus dugaan calo casis ini bermula ada salah satu Casis yang diduga oleh Panitia menggunakan Joki. 

"Dia tertangkap setelah didalami ada beberapa hal yang melakukan secara sams. Tapi tindakan kita sudah cepat, tepat dan memeriksa nomor-nomor peserta kemudian mendiskualifikasi," ungkapnya.

Dalam kasus tersebut, sambung Hadi, pihak.kepolisian langsung melakukan pendalaman hingga mengarah ke satu orang oknum anggota polisi.

"Dugaan mengarah ke oknum poliresi itu yang bertugas disalah Polres. Masalahnya sudah kita lakukan pemeriksaan insentif oleh propam..Sampai saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan,"katanya. 

Para Casis jangan sampai tergiur dengan iming-iming harapan manis yang.mengaku bisa memasukan menjadi anggota polri.

"Soalnya mekanisme atau proses seleksi Casis yang dilakukan Polri secara terbuka atau transparan, bersih tidak ada kong kali kong dan sebagainya," ujarnya. 

Seleksi penerimaan casis Bintara Polri, ucap Hadi, melibatkan pengawas internal dan eksternal. Jadi dapat dipisahkan.dan berjalan - BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel.

dan Humanis), "Kedua Item seleksi ini bekerja mengawasi Makanya kejadian ini Panitia dapat melihat adanya indikasi kecurangan oleh peserta sehingga dari kejadian ini sudah cepat, tepat. Pada pokoknya, masyarakat tidak usah tergiur maupun janji-janji bisa membantu dan apapun itu, tetap percaya diri tidak ada yang instan," sebutnya.

Bahwa setiap item memerlukan waktu, kata Hadi yang menuntut peserta harus siap, baik dari sisi pisik, jasmani, akademis dan pysklogi. 

"Jika sekali dua kali gagal, maka harus introspeksi diri, dimana kegagalan itu, sehingga pada seleksi mendatang bisa lulus. Setiap nilai peserta langsung terpampang, jadi tidak ada lagi bermain. Itu dari wujud transparan dan kita ingin memberikan dukasi serta ingin menghasilkan anggota Polri yang berkualitas," terangnya Oknum Polwan Bripka LA, sebelumnya diberitakan telah diamankan diduga terlibat kasus percaloan calon siswa (Casis) Bintara Polri TA 2021.

Petugas tidak hanya mengamankan oknum Polwan, selain Polda Sumut menelusuri dari sejumlah keterangan termasuk puluhan calon siswa (casis) dan puluhan joki.

Disebut-sebut oknum Polwan ada "merekrut" 28 orang casis Bintara Polri Polda Sumut TA 2021, Untuk meloloskan 28 casis itu, harus pula dibantu 28 orang joki. 

Para joki yang diperbantukan itu berasal dari luar Sum. Utara. Seperti dari Jaksrta, Bandung dan lainnya. Para joki disebut-sebut masuk pada test akademik.

"Untuk mengikuti test kesehatan para casis Bintara Polri, wajib mengikutinya,  tapi setelah ujian akademik baru joki masuk dengan menggunakan kartu peserta masing- masing casis Bintara Polri," sebut sumber. 

 Terungkapnya kasus penerimaan casis Bintara Polri pada saat peseerta akan mengikuti ujian akademik, setelah seorang casis melaporkan kecurigaannya kepada Panitia, bahwa ada seorang yang tak pernah ikut test dalam ujian akademik. 

Lalu panitia,  mengamankan orang yang dimaksud dan setelah diinterogasi dia mengakui hingga akhirnya menyasar pada oknum Polwan Bripka LA untuk mempertanggung jawabkan kasus casis Bintara Polri, dia (LA)  harus berhadapan dengan Bidpropam Polda Sumut.(shaf / zie)




Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *